Selasa, 24 Juli 2012

"Apa kegunaan Mehndi?" (Mehndi In Islam)


          Henna dalam islam memang sudah ada sejak dahulu kala. Dan banyak di gunakan oleh umat muslimah bertahun-tahun lamanya. Nabi muhammad juga pernah membahas tentang henna. Henna memiliki banyak kegunaan, pada zaman dahulu Henna sering di gunakan sebagai :

PEWARNA

         Sesuai kegunaanya sebagai pewarna,  Al bukhori mengatakan ( related in his Sahih, from ‘Uthman b. ‘Abd-Allah b. Mawhab ) : kami pergi berkunjung ke umm Salma dan dia membawakan kepada kita beberapa rambut dari nabi muhammad yang sudah di warna dengan henna berwarna indigo.” (hitam ke abu-abuan) (Bukhari, Libas, 66). \
         Sahabat nabi mengatakan, ” hal terbaik yang boleh kalian gunakan untuk mewarna atau merubah warna rambut warna putih adalah Henna dan Katam.” (Tirmidhi, Libas, 20). Dalam  kedua buku yang sahih, dari Anas, mengatakan bahwa abu bakar menggunakan henna atau katam sebagai pewarna rambut. (Muslim, Fada’il, 100)” (Ibn Qayyim; 259) (note : Apakah katam ? katam adalah tanam yang berasal dari yaman yang menghasilkan warna merah tua – warna hitam ).

PENGOBATAN


           Henna bisa juga d gunakan sebagai pengobatan, Ibn Qayyim mengatakan, ” ketika mengalami rasa pusing di kepala, maka kita bisa menggunakan henna yang sudah di campur dengan sedikit cuka lalu taruh di dahi, hal ini bisa meredakan rasa pusing di kepala. karena mengandung kekuatan yang cocok untuk membuat rasa nyaman pada saraf- saraf . bukan sekedar meredakan sakit kepala henna juga bisa meredakan berbagai macam rasa sakit seperti : kulit yang terbakar, rasa sakit di kaki.

          Well, di samping sebagai alat pelengkap kecantikan ternyata pada zaman dahulu henna juga di gunakan sebagai obat traditional dan digunakan oleh segala kalangan mau laki-laki ataupun perempuan. Serta masih banyak lagi kegunaan henna yang belum bisa saya sebutkan satu per satu.
 Sumber: http://fahnyhenna.blog.com/

 

0 komentar:

Posting Komentar